Daftar Isi Seserahan Nikah Yang Harus Kau Siapkan



Pada acara pernikahan atau lamaran umumnya ada prosesi pemberian hantaran seserahan pernikahan. Adat yang telah lama dilakukan sejak dahulu ini menjadi prosesi seharusnya dalam tiap acara pernikahan.

Apa saja isi seserahannya?

Untuk soal isi seserahan mungkin masih banyak yang keder sebenarnya apa saja sih isi seserahan pernikahan dan apa saja item- item yang perlu dipersiapkan.

Yaudah lantas aja Sputnik kasih tau apa saja hakekatnya isi seserahan pernikahan yang biasanya dibawa sebagai hantaran dari keluarga pria untuk sang wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan kelak sang wanita.

Kelengkapan Shalat / Ibadah

Sebagai bekal untuk sang wanita agar menjadi pendamping dan istri yang sholehah, maka sang pria lazimnya senantiasa menyiapkan hantaran perlengkapan ibadah ini. Sebagai bentuk dan simbol pengarahannya kelak kepada sang istri. Untuk isinya diawali dari Mukena, sajadah, dan Al – Quran / Kitab suci.

Perlengkapan Mandi

Lazimnya untuk peralatan mandi ini dimulai dari sabun, shampo, handuk, shower puff, produk perawatan tubuh, dan aroma.

Baju Dalam

Baju dalam juga menjadi isi seserahan pernikahan yang perlu disiapkan nih. Untuk isinya mulai dari satu set underwear, lingerie dan juga pakaian tidur. Namun untuk urusan membelinya umumnya sang wanita telah memilihkan barang – barangnya dan diserahkan terhadap sang pria untuk dihias ke dalam kotak seserahan agar lebih cantik.

Kelengkapan Makeup

Nah untuk peralatan yang satu ini umumnya sang wanita sangat concern nih, jadi biarkan para wanita yang memilihnya. Sebab kecuali itemnya lumayan banyak dan belum tentu pria paham, umumnya para wanita mempunyai brand khusus yang berbeda – beda untuk setiap produk kosmetik yang digunakan. Jadi para pria sebaiknya kalian duduk manis saja untuk menyiapkan items yang satu ini.

Perhiasan

Seserahan pernikahan berupa Perhiasan ini memiliki makna bersinar dan penuh kemauan. Akan namun untuk perhiasan menjadi seserahan yang bisa disepakati bersama sesuai dengan budget kalian . Jikalau sang wanita mengharapkan, dan pihak pria dapat menyanggupi karenanya hantaran perhiasan bisa menjadi isi seserahan pernikahan yang akan dikasih.

Peralatan Pesta

Peralatan pesta ini pelbagai – tipe isinya. Mulai dari kebaya da kain, heels, tas, dress, sampai jam tanggan.

Makanan & Buah-buahan

Sebagai wujud hantaran ngga komplit rasanya tanpa ada makanan dan buah – buahan. Untuk beberapa kebiasaan kultur contohnya betawi harus menyiapkan roti buaya dan juga ada sebagian tradisi yang membawa makanan manis agar garapan kehidupan calon pengantin kelak selalu manis.

Berapa kotak seserahan pernikahan yang perlu disiapkan?

Untuk jumlah kotak seserahan sebenarnya ngga ada ketentuan semestinya. Semuanya dapat disesuaikan oleh kesepakatan bersama. Akan tetapi ada sebagian budaya seperti Jawa yang biasanya memberikan kotak seserahan berjumlah ganjil (5, 7, 9, 11 )

Isi seserahan pernikahan ini sesungguhnya ngga ada item semestinya banget yang patut sama. Balik lagi segala isi seserahan pernikahan di dalamnya disesuaikan dengan budget kalian juga. Seserahan yang menjadi hantaran dari pihak pria ini lazimnya berisi barang-barang keperluan sang calon pengantin wanita, yang nantinya akan digunakan oleh sang wanita. Jadi dapat dibilang isi barang- barang seserahan pernikahan ini simbol bekal dikehidupan bagi sang wanita kelak.

Oh iya, seserahan pernikahan bukan cuma untuk wanita loh, tapi ada juga isi seserahan pernikahan pria yang biasanya menjadi prosesi simbolik tukar seserahan antar keluarga.

Untuk isi seserahan pria umumnya lebih sederhana dan tak sebanyak isi seserahan wanita. Isi seserahan pria mulai dari parfum, dompet, pakaian kerja / formal, jan tangan, sampai sepatu. Tergantung sang wanita ingin memberikan apa saja sebab sesungguhnya isi seserahan untuk pria tidak harus.


Baca Artikel Terkait Tentang Barang Seserahan Pernikahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *